Skip to content

RONDA I

September 17, 2010

Raja siang tergantikan
Oleh bohlam-bohlam bergantungan
Membangunkan malam, hewan-hewan
Bernyanyian dikesepian

Khalifah alam
Berlindung selimut
Dari jahilnya angin malam
Memasang wajah imut
Bertamasya ke sebrang alam

Yang hidup?
hewan-hewan malam
kalong, si pencuri
jangkrik,si penyanyi
cecak,si pembasmi
nyamuk, si mantri

“gapleh!”
“goblog, kosong enam”
“ah…sial! Balak enam,kosong lima”
“dua satu, udin…langsung RT”
“kocok……!”

Gapleh!
Pesaing hewan malam
Dalam kebisingan

Gapleh!
Sang perisai
Mengusir angin malam

Gapleh!
Membuat malam terasa siang

“mat…mat…mat! bangun mat!”
“ehm…apa den?”
“bangun! Patrol dulu gih!”
“ehm…males ah…”
“eh…cepet donk,mat”
“yang laen dulu lah! Loe, si asep, taw si udin tuh!”
“lagi nanggunglah kita mah! Si udin bentar lagi RW”
“ayolah mat…ronda itu ibadah kan!”
“ah…..emang pada bisa loe, dah deh ma’ siapa?
“tuh ma’si asep!”
“yuk mat, yang semangat donk! Enak kan patrol, bisa sambil ngecengin kuntilanak ha…a..a..”
“bercanda aja lho! Bawa rokok?”
“fardhu tu mah…”
“sip….lah, yuk kita jalan”

Cekeeeees
Suara korek
Bleeem…..
Korek padam

“goblog angin”

Cekeeeees
Suara korek
Perepeppperepep
Rokok menyala

“ih….dingin banget sih!”
“iya ya, perasan kemaren-kemaren ga’ dingin gini deh”
“klo ga’ da’ rokok ga’ bakalan deh gue ronda”

Rokok
Si tungku manis
Menghilangkan rasa tiris

Rokok
Membuat muflis
Tapi, wajib abis…

“sekarang kampung kita kok banyak maling ya, mat!”
“heueh sep, kemaren rumah pa agus kebobolan, trus si udin ayam jagonya ambles”
“emang pade jago tu maling, klo ketemu gue banting loe”
“klo gue sih kasihan ma’ tu maling”
“kasihan gimana mat?”
“ya! Kasihan dah hidup miskin jadi maling, mati masuk neraka! He..hee.. mening pejabat walau sama-sama maling masuk neraka tapi,minimal pernahlah nikmatin madu dunia”
“ah dasar loe…klo pejabat bakal masuk neraka paling bawah, biar di godog tu’ jadi semur”
“tapi pikir deh sep! klo maling nyuri barang-barang kita kan emang mereka pade susah tapi, pejabat dah kaya masih aje maling, kenapa ya?”
“kagak tau dah mat! dah turunan dari sononya kali”
“turunan gimana sih, ga’ ngerti gue?”
“loe dulu belajar sejarah kagak?”
“belajarlah!”
“ya udah! klo dah belajar loe pasti dah tau”
“tau apaan ah…pusing gue!”
“gini mat! Dulu kita kan di jajah ma’ belanda, mereka hobinya ngejarah harta kita termasuk cewek-cewek kita”
“iya tu mah gue dah tau! Hubungannya ma’ tu’ pejabat apa?”
“makenye dengerin dulu donk! Maen potong aje si loe!”
“iya…buruan deh lanjutin!”
“gini, tadi gue kan bilang, si belanda selain ngejarah harta kita juga gejarah cewek-cewek kita. Nah cewek-cewek kita kan dipake tuh ma’ si belanda”
“ya iyallah dipake”
“nah…klo dah di pake pasti bunting tu’ cewek, trus ngelahirin anak deh”
“trus…?”
“ya itu, anak hasil si belanda ma’ cewek kita ntu’ jadi pejabat deh sekarang. Wajahnya sih kayak orang bener persis ibunya tapi, aslinya sih ‘goblog’ kayak bapaknya”
“ah masa sih? Ngarang loe?”
“ha…haaa…loe serius sih”
“ah goblog”
“tapi yang jelas sih maling, pejabat, ma’ belanda itu sama-sama nyusahin”

Pinokio
Berhidung panjang
Tampan-kan!
Pejabat
Bertangan panjang
Malu-kan!

Orang arab
Anu-nya panjang
Enak-kan!
Pejabat
Tanganya panjang
Nyusahin-kan!

“sepi banget sep! jam berapa sekarang”
“jam 2. 15 menit”
“balik ke pos yuk! Ga’ da’ apa-apa kok disini”

***
“goblog! Nyamuk ga’ mempan di racun nih”
“den kok sepi gini ya!, perasaan gue jadi ga’ enak”
“ah…biasa juga gini”
“perasaan loe aja kali”
“udahlah…lanjut aja! Aris, dua lima da’ ga’?”
“lewat…”

Ngoooong…ngooong
Ceplakkk

“goblog…obat nyamuk nyalain lagi gih!”
“ini udah tiga dinyalain”
“ah…goblog”
“nih pake autan!”

Malam semakin jadi
Menyebarkan pasukan berkompi-kompi
Angin menyerang
Menusuki kulit telanjang
Nyamuk menggigit
Membuat bentol di kulit

“euy…”
“sep, mat kok dah balik lagi sih?”
“gantian ah patrolnya! Lagian ga’ ada apa-apa kok”
“aris loe ma si deden gih, patrol”
“ntar aja lah nanggung, lagian ga’ bakal ada apa-apa kok”
“iya…bener ris tadi, malingnya nge-sms ga’ bakalan maling, izin dulu ada kepentingan keluarga”
“ ha…ha….ha…..”
“ya…udahlah terserah kalian aja! Nyantai…. mat kita ngopi dulu”
“patrol kemana aja kalian”
“ya! keliling kampung”
“bener loe! kok cepet banget!”
“ngaco loe sejam cepet”
“tapi bener ga’ da’ apa-apa”
“99% di jamin aman. Lagian ni malam dingin banget, maling ga’ bakalan berani keluar rumah deh”
“ya! syukur klo gitu, soalnya aku sudah nggak kuat, ngantuk”
“alesan lho, ngomong aja males patrol”
“udah…kita tidur aja! Malingnya lagi izin kok”

Malam menjadi-jadi
Memaksa mata tuk mati
Tak kuasa badan melawan
Toh mata sudah tertawan

Itu selimut
Di dekap erat
Angin semakin mengamuk
Menembus perisai-perisai

***

Malam pudar
Menyisakan basah
Embun-embun
terhirup segar
berganti pagi bersinar
membagi cahaya
membagi kehangatan
membuat bugar
tubuh-tubuh segar

“assalaamualaikum pak RW…..assalamualaium…..”

Tok….tok….tok…..

“waalikumsalam….sebentar”

Tok….tok….tok….

“pak RW….assalamualaikum pak….”
“ya…ya…waalaikumsalam”

Cekrek-cekrek
Pintu di buka

“oh…pak maman! Ada apa pak maman, wajahnya bingung gitu?”
“aduh…pak RW goblog….pak rw….”
“lho! Kok bilang saya goblog”
“bukan….bukan pak rw yang goblog tapi, maling goblog….warung saya ludes di bongar maling!”
“lho! Kok bisa, tadi malamkan anak-anak pada ngeronda”
“pak rw jangan lha-lho lha lho aja donk! Ni’ gimana warung saya?”
“tenang….tenang dulu pak maman”
“tenang gi’ mana pak rw! Warung saya ludes, saya bangkrut……kheeee…..kheeeee”
“ya??? Tenang aja….”
“assalammualaikum”
“waalaikumsalam…nah…tu si udin”
“ada apa pak rw? Kok pak maman nangis-nangis gitu”
“din…tadi malam kalian ngeronda kagak sih?”
“ya…ngeronda lah, ni’ saya baru pulang dari pos”
“ngeronda apa main gapleh kalian ini? Ngeronda-ngeronda tapi, warung saya ludes ma’ maling kheee…kheee…”
“wah…masa pak maman!kok bisa ya”
“kok bisa…kok bisa…sebenarnya kalian itu patrol keliling kampong ga’ sih?”
“eh…eh….asep ma’ rahmat sih keliling”
“yang lain?”
“he….he….enggak pak rw! Habis kata rahmat aman sih”
“aman…aman…warung saya ludes kamu bilang aman”
“tapi bener lho pak maman, tadi malam itu sepi banget ga’ ada apa-apa. Mungkin emang pak maman nya lagi sial”
“bukan saya yang sial, tapi kalian yang sialan! Kerja gak bener. Maling bukanya di tangkep malah dibiarin keluyuran”
“ya..maaf pak maman maaf. Apes banget saya pak rw dimarahin pak maman”
“maaf…maaf… minta maaf tu’ gampang. pak rw sekarang gi’ mana warung saya?”
“ya! Gi’ mana ya’, udin gi’ mana din”
“hee…..he….he….”

From → cerpen

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: