Skip to content

RONDA II

September 17, 2010

Mentari senja
Hangat terasa
Memberikan panorama
Khas pencipta tata surya

Bocah-bocah berkeliaran
Berlarian,
Kegirangan,
Berkeringatan,
Menyambut mentari bersinaran

Para hawa kewalahan
Berteriak-teriak hawa
Pada bocah-bocah yang berkeliaran

***

Mentari senja
Hangat terasa
Memberikan panorama
Khas pencipta tata surya

Pemuda-pemuda berkerumunan
Bercakap-cakapan,
Keseriusan,
,
Memandangi mentari bersinaran

“ah…sial, tadi pagi gue kena gampar pak RW ma’ pak maman”
“emang nasib loe sial din!”
“elu sih sep…ma’ si rahmat kagak bener patrolnya. Aman-aman, tau-taunya warung pak maman bobol!”
“wes… enak loe ngomong! Gue ama si rahmat sih bertanggung jawab patrol. Elu pade malah enak-enakan gapleh”
“heueh…bener sep, elu pade tuh mesti disalahin bukan kita”
“tapi, elu kan mat yang bilang 99% kampong kita aman ma’ tu’ maling”
“kan masih ada 1%. Goblog…lu!”
“ah…goblog! Asal lu!”
“dah lah… emang kita semua pada salah. Sekarang yang penting tuh maling entar malam mesti ketangkep”
“loh… kita ronda lagi nanti malam, den?”
“iya… pak RW tadi siang ngomong ma’ gue, piket kemarin malem, ronda lagi gabung ma piket ni malem. Katanya sih kampong kita mesti diperketat sebab tu maling dah kebangetan ma…sa warung pak maman ludes, cuman disisain beras sekilo! Gile…tu maling”
“pak maman sih masih agak mending den! Masih banyak simpenannya. Tuh… mang kasman yang kasihan mah! Motornya ambles! Kagak bisa ngojeg deh sekarang”
“banyak simpenan gimana, din? Selingkuhan maksud loe”
“ngaco loe! Banyak duit tolol! Lagian mana berani pak maman selingkuh, dia kan suami-suami takut istri he…he..he…”
“emang dah kebangetan tuh maling!”
“entar malem biasa den, jam Sembilan kumpulnya?”
“ya…biasa lah. Jangan pada lupa bawa kopi”
“yang piket ronda entar malem siapa aja tuh?”
“kalo kagak salah si mega, si jenal ma…? Ma’ yang lainnya deh!”
“ya…udah deh! Mau magrib nih! Kita pulang aja dulu sambil persiapan buat entar malam”
“heueh…yu ah!”
“din… tunggu bentar! Antar aku dulu ke warung! Entar kita pulang bareng.”

Mega-mega kemerahan
Menyelimuti lelangitan
Memancarkan sisa cahaya
Dari sang surya

Sang surya tenggelam
Dilautan
Berganti rembulan

Sang rembulan
Menyerap sinar surya
Penerang di kemalaman
Bersama bintang-bintang, berkelipan

***
Rembulan oh rembulan
Panorama di kemalaman
Indahmu…
Khas pencipta alam

Rembulan oh rembulan
Indahmu di malam-malam
Tak ada bandingan
Bersama bintang-bintang
Bertebaran di lelangitan
Bersinaran,
Di kegelapan

Rembulan oh rembulan
Syukurku pada penciptamu
Yang selalu memberi cahaya
Di setiap kegelapan

***
Di malam;

Rembulan raja malam
Menjadi saksi,
Yang bisu
Pada setiap tingkah laku
Dari penghuni-penghuni planet biru

Bintang berkelipan
Layaknya berlian
Peneman rembulan
Penyempurna keindahan

Angin-angin malam
Layaknya pasukan badar
Menyerang terus menyerang
Walau benteng menghadang

***
Di malam;

Berkumpulan para pejuang
Disaksikan rembulan
Disaksikan bintang-bintang

Berkumpulan para pejuang
Diterpa angin malam
Tetap teguh pada pijakan

“ih..ih… dingin banget ris!”
“heueh…sama”
“euy… mega, yang lain mana?”
“udah! cuman segini”
“lho…! Kan dua piket sekarang, harusnya ada sepuluh orang. Kok…baru tujuh, yang lainnya mana?”
“ahh… si ahmad diare katanya, si parto ada acara di kampusnya jadi, kagak pulang”
“kalau si tresno?”
“si tresno pulang ke jawa dari kemaren”
“ah… gak bener nih! Gimana kampong kita mau aman kalau gini”
“heueh…ah… kita mah bela-belain dua kali ronda, demi kampong kita!”
“dah lah ris seadanya aja! Sekarang kita bagi-bagi tugas aja, jangan kayak kemarin kecolongan.”
“atur aja lah den, gimana baiknya”
“thank you meg”
“tukang sampeu so bule”
“serius nal, jangan bercanda terus!”
“iya gue serius, dah lanjutin den”
“gini kita bagi tiga kelompok, kelompok satu gue, rahmat ma’ asep patrol ke daerah sekitar rumah pak maman, kelompok dua udin ma’ djenal patrol disekitar rumah pak rw, dan kelompok tiga sisanya jaga pos aris ma’ mega”
“wah…enak si aris ma’ si mega donk!”
“euh… loe mah nal, belum apa-apa dah protes! Dengirin dulu donk ampe beres! Kita gantian setiap dua jam sekali nah, kelompok satu gantiin yang jaga pos setelah itu kelompok tiga gantiin kelompok satu jaga pos. deal!”
“deal…lah”
“eh…kalo gitu, rugi gue ma’ si udin donk, patrolnya empat jam”
“sama aja lah nal, nanti elo istirahatnya empat jam, full sampe subuh”
“o….iya ya”
“dah nal, deal”
“Deal…lah”
“kalo githu, sekarang kita langsung keliling!”
“sekarang! Baru juga jam setengah sepuluh den! Ngopi dulu lah!”
“iya den, ngopi dululah, nanti jam sepuluh baru kita keliling”
“ya…terserah loe pade lah”

Kopi…oh…kopi
Hitammu,
Kentalmu,
Pahitmu,
Begitu menggoda

Kopi…oh…kopi
Kandunganmu
Membelalakkan mata

“ ga, rokok”
“ehm…kagak ah, bid’ah. ada kopi susu kagak?”
“kopi susu mah bid’ah ga, kopi hideung we…”
“eh… gak githu lah, kalo kopi susu itu bid’ah hasanah, kalo rokok baru bid’ah dholalah”
“dah… jangan pade ngomongin bid’ah, dah jam sepuluh kita mulai keliling yuk!”

Berpencar
Terpecah-pecah
Utara,
Barat,
Timur,
Selatan,
Dijelajah
mencari kalong-kalong usil
pencuri
makhluk-makhluk kerdil

***

Di pos ronda;

Tinggal dua manusia
Di post ronda
Berjaket kulit domba
Bersarung, diselimutkan ke dada

Rembulan, bintang
Bancet, jangkrik
Menyaksikan
Dua manusia
Di post ronda
Berdua mereka
Berlaga
Mengatur strategi
Layaknya para kesatria

“rajanya mana ris?”
“gak ada, biarin pake batre aja”
“cari dulu gih, gue suka pusing kalo kagak jelas githu”
“ah…manja loe!”
“kagak ada ga, ah!”
“dah deh tuker aja! Gue item loe putih!”
“terserah loe aja deh!”
“dah siap kalah ris?”
“kagak ada dalam sejarah aris kalah ma’ mega”

Bidak-bidak catur
Bergerak
Mengikuti perintah
Otak dua manusia

“ni malam, terang banget ya!”
“ster…! Biasa aja ah!”
“enggak ah… sekarang lebih terang ris. mana ris loe dah main belum?”
“itu ster…!”
“oh ster…! Kalau ster kayak gini sih gampang, halangin aja pake kuda.”
“skak mat!”
“ah… iya..ya ke jebak gue”
“bukan kejebak tapi loe yang tolol! dah ah… dari tadi kagak ada perlawanan”
“ya…udah! Beresin ris!”
“loe yang kalah”
“udah biarin aja, jam berapa ris?”
“baru jam 11 kurang, kita ngapain ni meg? Bakal boring nih Kagak ada kerjaan.”
“kita pandangin aja bulan dan bintang yang berkelipan di atas langit”
“ngomong apa loe meg! So pujangga”
“kagak ada jiwa seni lho!”

Bulan,
Bersinar, menjadi raja di kerajaan malam
Bintang,
Berkerlap-kerlip, bagaikan kunang-kunang
Indah mereka
Inikah percikan surga?
“kenapa lho, ris? Dari tadi ngelamun!”
“kagak apa-apa meg, gue hanya kepikiran tadi pagi”
“emang kenapa tadi pagi?”
“si neneng mutusin gue”
“truss kenapa?”
“ ya…lho meg, sakit hati lah… ah lho kagak bisa ngertiin perasaan orang”
“bencong lho ris, kayak kagak ada cewek lain aja, emang kenapa lho bisa diputusin?”
“gue ketahuan selingkuh ma si surti”
“euh… bagong sia mah!”

***

Memantulkan, rembulan
Cahaya-cahaya matahari
Ke bumi

Nampak jelas, Jalan-jalan buatan
Dari pancaran bulan dan bulan-bulan buatan
Memandu langkah
Dua khalifah, wakil Tuhan

Tak hiraukan angin
Langkah tetap berjalan
Mengikuti pantulan sinar rembulan

“nyantai dulu din!”
“heueuh… gue juga capek, rokok mana nal!”
“elo tadi yang bawa”
“o…iya gue lupa, korek nal!”
“bagi rokoknya din”

Cekesss….
Suara korek
Rokok terbakar
Berasap
Menghadang angin

“ kemarin malam gimana bisa lo pade kecolongan gitu din?”
“he…he… dah takdir mungkin nal”
“emang dah kebangetan tuh maling”
“kalo sekarang tuh maling ketangkap ma’ kita mau lo apain nal?”
“ya… gue hajarlah… terus, kita gusur ke pos satpam lalu, ikat di tiang biar nanti pagi jadi bulan-bulanan masa”
“ wah…sadis lo… emang lo berani? Maling kan biasanya dah persiapan, pasti bawa senjata, kagak takut lo?”
“ya…elah lo din, kagak tau gue, gue kan pernah belajar beladiri waktu dulu ngobong”
“elo pernah ngobong nal? Di mana ? kok kagak ngebekas ya!”
“ ya…gue kan kagak sombong, kayak orang lain, baru bisa dikit dah belagu”
“ lo belajarnya di mana?”
“di banten. Jadi dulu waktu gue masih SMA gue ke banten sambil mesantren di sana”
“ pesantren itu kan tempat belajar ngaji bukan belajar beladiri”
“ itulah kelebihan pesantren gue din! Di sana selain belajar ngaji juga belajar bela diri, kalo sekarang kan sudah jarang pesantren najar bela diri ma’ santrinya”
“iya bener nal, emang pesantren yang kayak pesantren lo ntu dah jarang sekarang. Kalo di sana bela dirinya pa nal?”
“banyak sih din, macam-macam. Ada pencak silat ada debus, ya.. banyak lah”
“ lo bisa debus nal?”
“ ya… lumayanlah”
“ wah hebat lo! Coba gue mau lihat”
“euh… kagak boleh din!”
“lho emang kenapa?”
“ kalo debus yang kayak gitu dipakenya mesti dalam keadaan darurat”
“wah masa sih! Tapi kalo di TV itu kagak apa-apa kok”
“ itu kan di TV masih dipertanyakan din. Dah lah lo berdoa aja biar ada maling yang ketangkep ni malam, biar gue kasih tu maling jurus-jurus gue”
“ya udah deh, kalo gitu kita lanjutin patrolnya yuk!”

Berjalan
Menerawang
Mengintai
Setiap makhluk-makhluk tak di kenal

Masih berjalan
Berkeliling
Mencari
Kalong-kalong ‘pencuri’

“rumah pak tatang sepi banget din”
“emang dia kagak ada”
“kemana din?”
“kagak tahu sih mungkin pulang ke kampungnya”
“emang aslinya dari mana “
“tasikmalaya”
“oh…tasik, aku pernah ke sana din! Tepatnya ke kampong singaparna”
“ngapain nal?”
“main ke rumah temen, waktu mesantren dulu. Kalau pak tatang tasiknya di kampong mana ya?”
“ah…kagak tahu lah!”

Terus berjalan
Menyusuri jalan
Sampai terhenti
Oleh teriakan-teriakan
Mengagetkan

“ nal, ada yang teriak-teriak”
“iya din, maling din!”
“dimana nal, dimana?”
“itu din… di belakang”

Berlari maling
Layaknya kijang di kejar singa
Terus berlari,
Menerobos setiap penghalang

“nal… malingnya ke sini. Tangkep nal!”
“ awas goblog…”

Hambrug…
Pukulan mendarat

“aduh…!!!”

Kembali berlari
Maling…
Ketakutan seperti kijang,
Yang dikejar singa
Tapi,
Berang seperti banteng
Yang kan selalu melaju,
Menerobos,
Tembok-tembok penghalang

“ nal, tolol lo… maling di biarin gitu aja”
“sory sep, gue kagak konsen”
“alesan lo nal, katanya pernah belajar beladiri, eh..dipukul maling, nambru lo!”
“resek lo din! Tadi lo juga diam aja”
“gue takut nal, lagian gue kan belum pernah belajar debus kayk lo”
“udah…itu si rahmat ma si aden dah kembali. mat, den giman ketangkep kagak malingnya?”
“ah..ngilang sep.”
“ah…sial gesit banget tuh maling”
“ gara-gara lo berdua sih, ada maling di diemin”
“jangan gitu mat, lo kagak liat muka gue bonyok”
“ah..udah kita balik ke pos aja”.

From → cerpen

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: